la verdad es la verdad aunque si piensas al reves

Kebenaran tetaplah kebenaran meskipun orang memikirkan sebaliknya. Ucapan Anthonio Machado tersebut menginspirasi saya dalam banyak hal. Sekaligus membuat saya semakin ragu-ragu untuk mengagungkan suatu kebenaran. Lha? Logika sederhananya masuk pada kenyataan bahwa kebenaran itu tidak pernah tunggal. Ibarat mata uang, dilihat dari sisi berbeda akan menghasilkan imaji yang berbeda.

Implikasinya? Hari ini saya menemukan bahwa tidak mudah untuk fokus pada kebenaran kita sendiri.  Saya mulai bisa menerima kenapa banyak terjadi kejadian-kejadian yang aneh, nyaris tak masuk akal, namun terjadi. Ekstrimnya seperti ibu yang membunuh empat anaknya dengan racun karena miskin, ayah yang menggerayangi anaknya sendiri karena ia korban kekerasan seksual dalam rumah tangga, tentara yang bisa membunuh tentara lawan dengan sadis, pembantu yang tega menggorok leher majikannya karena disiksa, atau sebaliknya majikan yang rela menyeterika punggung si pembantu karena pembantunya bloon. Atau yang tidak terlalu ekstrim, seperti rekan kerja yang rakus banget dengan perjalananan dinas luar kota, teman lama yang tega memukul teman sendiri gara-gara utang seratus ribu, pimpinan yang juga menilep uang proyek yang jumlahnya tidak seberapa, kontraktor yang menyogok agar tender menang, ibu yang mencuri susu kaleng buat bayinya, dan lain-lain. Menerima dalam arti bisa memahami, walau masih belum bisa mengerti kenapa cara itu yang ditempuh. Ibarat kata, saya sudah mulai abu-abu…

Logika survival of the fittest, mungkin bagi sebagian orang bukan jawaban untuk itu. Kebenaran, apakah bisa disandingkan dengan skema dasar hidup manusia untuk bertahan hidup dan memperbaiki kehidupannya?  Di lain sisi, nurani, bisakah seiring dengan realitas sehari-hari yang semakin ekstrim?

Saya sampai sekarang masih percaya bahwa kebenaran adalah baik, tapi bukan yang terbaik untuk beberapa hal.  White lies, jika itu ada, bisa saja lebih manusiawi dalam kehidupan kita di dunia.

Bukankan begitu, mei?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: