Lekukan ruang waktu

Ruang dan waktu, sekali lagi sungguh saya terkesima dengan konsepsi kata-kata ini.

Hari ini, saya ingin bertutur tentang keduanya. There are no facts, only interpretations, Nietzsche pernah berujar. 

Jadi apa interpretasi kita masing2 tentang ruang dan waktu? Saya selalu berpikir ruang itu ada karena persepsi dan pikiran.

Think spatially, kata dosen geografi saya dulu. Selain itu, saya juga berpikir bahwa waktu sesungguhnya adalah konsepsi. Waktu, yang kata Camus, hanya nisbi.

Apakah berpikir tentang ruang dan waktu termasuk salah satu proses menemukan kembali kehidupan, vivre c’est reinventer la vie?  Apakah ruang dan waktu itu terkait dengan perubahan suasana? Dan waktu selalu menyertainya?

Einstein bilang, dalam teori relativitas umum, ruang di sekitar kita adalah empat dimensi (3 dimensi ruang dan 1 dimensi waktu). Kita suatu kali hidup dalam wrapped time, atau ruang dan waktu yang tertekuk, dan berjalan melintasi waktu.

Sungguh saya pingin bertemu dengan saya yang lain di dunia paralel.

Untuk apa?

One thought on “Lekukan ruang waktu

  1. cieroen says:

    saya juga banyak big question mengenai ruang dan waktu.
    Can we discuss about that

Leave a Reply

