Laskar Pelangi

Saya terpengaruh, dan membeli Laskar Pelangi. Terlambat, tapi tak mengapa.

——————————-

Buku ini menyentuh, tapi berlebihan. Tema-temanya umum dan biasa: nilai agama, kesetiakawanan 11 anggota Laskar Pelangi dan deskripsi kelucuan masing-masing anggotanya, ataupun perjuangan meraih cita-cita, yang tidak melulu berisi kisah sukses. Tapi, cara penyajian Andrea Hirata membuatnya hidup. Ada keharuan yang lembut di sana.

Muatan lokal Melayu Belitong yang diselipkan mitos mencekam Bodenga, Tuk Bayan Tula, ataupun Burung Pelintang Pulau, ironi kehidupan melarat di pulau kaya, kisah cinta pertama yang picisan Ikal dengan A Ling, memikat. Menghibur dan melintasi ruang dan waktu.

Tapi tidak untuk beberapa hal yang terlampau imajiner, walau mungkin itu benar terjadi. Terlalu di awang-awang jika dikisahkan terkait kondisi riil saat itu. Lintang yang superjenius saat lomba cerdas cermat, Mahar dan Flo yang “gila” mistik, atau deskripsi karnaval perayaan 17 Agustus. Berlebihan.

Novel kisah nyata berdasar daya ingat memang kadang melintasi realitas. Tapi toh, saya akui, saya menikmatinya. Saya membacanya dengan rileks. Otak saya bahagia tidak dipaksa untuk mencerna banyak hal rumit. Kadang-kadang kita perlu rendah hati untuk sadar bahwa sesuatu yang biasa dan sederhana juga bisa sangat inspiratif. Saya menunggu filmnya.

A Ling, lihatlah ke langit
Jauh tinggi di angkasa
Awan-awan putih yang berarak itu
Aku mengirim bunga-bunga krisan untukmu…..

One thought on “Laskar Pelangi

  1. erra says:

    udah nonton filmnya belum? aku belum baca bukunya tapi udah nonton filmnya hehe. kayaknya ga jauh beda dengan review mu. terlalu muluk untuk beberapa … tapi menyenangkan di banyak hal

Leave a Reply

