Bunga kopi

Dalam perjalanan menelusuri kaki Gunung Ungaran menuju Dieng, saya membaui bunga kopi di suatu desa kecil di Kecamatan Kaloran.

Dan, pengalaman itu, terasa paling berkesan bagi indera saya, dibanding merasai berbagai pengalaman lainnya dalam perjalanan ‘perziarahan’ tersebut: pinus merah di birunya langit kaki Gunung Sindoro, lembah hijau hamparan kebun teh di Tambi, aura Umbul Jumprit, mata air hulu Sungai Progo yang mengalir dari Temanggung sampai Kulonprogo, ataupun pemandangan arkeologis Candi Gedongsongo.

Bau bunga kopi, seperti apakah ia?

Bahasa ciptaan manusia agaknya memang terbatas mendefinisikan apa yang dicerna dari indra penciuman. Selain wangi, harum, apakah ada kata lain dalam kosakata Indonesia yang mengekspresikan daya tarik dari bau-bauan? Seorang pekerja di ladang kopi, akan tahu bahwa harum bunga kopi khas. Kita seperti membaui melati, atau kaca piring, tapi lebih mengiris, walau tak sekuat lavender.

Bunga kopi akan mekar di awal kemarau, dan siap jadi buah di akhir kemarau. Mungkinkah siklus ini yang membuat kopi tumbukan asli dari ladang begitu nikmat diminum saat musim hujan mulai turun? Jika perkebunan kopi berbunga, seluruh hamparan akan putih. Ranting-ranting kecil yang menjulur seperti digelayuti jutaan makhluk putih kecil.

Bunga kopi memang bukan hasil tanaman berbunga, ia hanya antara menuju buah kopi yang lebih berguna, dan lebih disuka. Bunga kopi akan mati cepat dengan hanya pekerja ladang saja yang sempat mengenalnya.

Bunga kopi tidak peduli.

One thought on “Bunga kopi

  1. eva says:

    hm, penasaran euy.. melihat pun belum, mengharap bisa merekareka wanginya, tak mustahil kan? *tuink*😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: